Pikir dan Rasa

cogito ergo sum

RCD, RCCB, RCBO pengaman di lab

with 7 comments

Dalam sebuah talk show di TheAmpHour, seorang electronics engineer, David L. Jones (WWW.EEVBLOG.COM / TheAmpHour podcast) pernah mengutarakan bahwa dirinya lebih memilih bekerja dengan tegangan rendah.
Si Dave bilang ia adalah microPower guy, ia mencintai nanoAmps dan picoAmps, bahkan semua yang lebih besar dari 12 VDC akan menakutinya :-). Silahkan download podcast-nya dari halaman web ini; The Amp Hour #14 — China, Entrepreneurs and Blue Collar Reality .

Om Dave ini tidak sendiri, “jangankan orang digital” by trade, “orang analog” saja jarang yang gemar akrab dengan tegangan jala-jala listrik. Analog engineer dan digital engineer memang biasanya jauh lebih sering berurusan dengan sinyal informasi bukan jala-jala listrik seperti layaknya electrician. Keculai tempat-tempat di muka bumi yang untuk dapat bertahan hidup orang harus punya banyak kebisaan, jack of all trades, misalnya di Indonesia 😀

Sungguh pun begitu nyatanya electronics engineer tak bisa sepenuhnya bisa menjauhkan diri dari tegangan jala-jala listrik 110 VAC atau 220VAC. Terutama, tentu saja di Indonesia:-). Tak jarang kita perlu membuat sendiri semacam lab sederhana di rumah. Nah, dalam hal ini yang paling penting adalah keselamatan jiwa.

Semakin bertambah metoda & peralatan untuk menjaga keselamatan kita, tentu saja secara umum tambah baik. Selain MCB, sekarang sudah umum tersedia RCD (RCCB) di toko-toko listrik. Tentu saja semua peralatan listrik itu tidak ada yang absolut mampu menghindarkan kita dari bahaya “kesetrum” / teraliri arus listrik. Tetapi peralatan itu menambah kemungkinan kita untuk selamat jika terjadi hubung pendek.

Di sebelah kiri adalah RCBO produksi CHINT seri DZ47LE, yang versi 300 mA rated residual operating current. Versi 300 mA ini lebih cocok untuk perlindungan terhadap bahaya kebakaran yang dapat timbul akibat panas.Yang sebelah kanan adalah RCCB produksi Merlin-Gerin (Scheneider) dengan raterd operating current sebesar 30 mA, cocok untuk perlindungan kontak langsung (bahaya “tersengat” arus listrik).

Yang saya miliki adalah RCCB dari keluarga Domae, yang ditujukan untuk pasar rumah tangga (rumah tinggal maksudnya).


Buatan India, dipasarkan di Indonesia :-).

 

Domae’s earth leakage circuit breaker is electrical products especially designed for the housing sector that provides earth leakage current protection againts electrocution and fire

 

Characteristics

– Earth leakage current protection against electrocution and fire

– Compliance with international standar: IEC61008-1

– Sensitivity: 30 & 300 mA

– Number of pole : 2 & 4

 

Benefits:

-Provides earth leakage current protection against electrocution and fire in all residential and small commercial buildings

-Compliance with international standard

-Adapted range to local regulations and habits, easy installation: Simplicity

sumber:http://www.schneider-electric.co.id/

Dari Wikipedia:

sumber gambar: http://homewiringguide.com/page9.htm

Untuk lebih mengenal tentang MCB / ELCB / RCD / RCCB silahkan membaca lebih lanjut di situs-situs ini:
+ Working Principle of ELCB and RCB
+ Difference Between  MCB/MCCB/ELCB/RCCB
+ http://en.wikipedia.org/wiki/Residual-current_device
+ http://homewiringguide.com/page9.htm

+ http://www.schneider-electric.co.id/sites/indonesia

+ http://jayabaruelectric.com/product/12/122/
+ http://www.pdl.co.nz/
+ http://www.a-d.com.vn/new_page_5.htm

+RCD Explained

+Guide to the Selection & Use of Residual Current Devices

+The RCD Handbook

 

Catatan penting:
Testing this RCD on 4,7kΩ resistor (when I wanted to do photo showing how does it work), I’ve found, that resistor still warm but this RCD doesn’t trip at all. I pushed “test” button and it disenergized circuit. One more time I shorted cicuit to the ground, but it hadn’t triped at all. OK, I decided to find out, what’s wrong here. Imagine, how I was surprised, when have found out, that testing resistor has improper value and giving improper results. Especially instruction “test half yearly” surprised me.

  • Well, Siemens produced protective appliance, which material of cover and dimensions satisfy European standarts. But it doesn’t protect human against lethal shock when it will be need. Important mission of this device is lost.
  • Who hadn’t understood: pushing “TEST” button RCD will trip even if it is broken. Resistor overlimits leakage current 6.5 times, so result of testing will be wrong. If this RCD (which is created to protect people against electric shock) doesn’t work correct, “TEST” button will always show that RCD working properly. As result, someone may be harmed by electric shock according to spurious result of the test, which has formed during tests.
    • To check those RCDs I recommend to use professional testing device, which you can find in electrical storey. It looks like power strip with lights and buttons. You put it into the socket and push “TEST” button, which will make 30mA of leakage and test your RCD. If you have any doubts, you may always check it using multimeter.

Dari: http://en.wikipedia.org/wiki/File:Siemens_lethal_RCD.jpg

View this document on Scribd

 

Written by sunupradana

April 4, 2012 at 12:30 am

7 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. […] (RCCB / GFCI /GPAS) dan menyambung sendiki kabelnya. Tentang sistem tersebut saya tulis singkat di sini […]

    • saya hendak memasang RCCB ini di rumah agar ada proteksi untuk kebakaran dan juga hubungan pendek, untuk daya yang terpasang di rumah saya adalah 1300 VA, pilihan mana yang tepat untuk rumah saya??? trims – tedy

      tedy

      June 11, 2013 at 3:18 pm

      • Karena saya bukan instalatur professional maka saya tidak bisa memberi jawaban yang bisa dijadikan acuan. Namun secara kasar, rumus daya adalah P=VxI atau P/V=I. Jika 1300 VA/220 V maka I sekitar 5,9 A. Saran saya kalau memungkinkan silahkan bertanya kepada instalatur listrik yang berpengalaman dan professional untuk menentukan secara pasti dan aman rating RCD untuk rumah anda, dengan memasukkan semua faktor yang mungkin perlu dan penting untuk ikut diperhitungkan.
        Kalau ingin menggunkan RCD/RCCB untuk peralatan/penggunaan dengan sensitivitas sampai 10mA silahkan mempertimbangkan alat seperti berikut: http://www.simplysimpler.net/product/4/6/RCD-Adaptor-Anti-Kesetrum/?o=default .
        Untuk mengetahui lebih lanjut, lebih dari yang bisa saya ingat dan bagi 🙂 silahkan membuka daftar acuan (links). Trims sudah mampir.

        sunupradana

        June 17, 2013 at 2:19 pm

  2. Saya mau tanya, bedanya RCCB, RCBO, dan Modul Vigi itu apa?
    Saya bukan engineer kelistrikan, namun Saya membantu engineer di perusahaan saya untuk menyusun ulang database komponen-komponen mereka. Yang saya bingung mereka menyatukan kelompok RCCB dengan Modul Vigi, padahal menurut saya itu berbeda. Kemudian apa perbedaan RCBO dengan RCCB? Apa boleh saya membagi ketiga komponen tersebut ke dalam kelompok yang berbeda?

    (tolong jangan jawab “tanyakan saja ke engineer Anda!” :D)

    okierie

    July 23, 2014 at 9:33 am

  3. beli dimana pak RCD nya ?

    Edward

    December 17, 2014 at 3:06 pm


Leave a comment