Pikir dan Rasa

cogito ergo sum

Mencoba membersihkan noda Ferric Chloride

leave a comment »

Ferric chloride (Iron(III) chloride) adalah bahan kimia yang biasa dipergunakan untuk membuat jalur-jalur pada PCB (sebagai etchant). Gampangnya bisa disebut cairan fero klorid sering dipergunakan untuk “membuat PCB”. Cairan ini sangat korosif, merusak logam. Noda cairan ini susah hilang dari bekas wadah  penyimpan/pencuci PCB,  juga sulit dihilangkan jka mengotori lantai.

Catatan ini mengumpulkan beberapa percobaan sederhana untuk membersihkan noda FeCl3 di lantai tegel/ubin berwarna putih (kemungkinan keramik). Percobaan sangat sederhana tanpa dilandasi ilmu tentang reaksi kimia, jadi mohon dimaklumi dan silahkan memberi masukan.

Untuk keamanan: gunakan kacamata lab (goggle), pelindung wajah (setidaknya masker mulut), sarung tangan yang tahan terhadap asam (acid-resistant gloves).

01. Skenario pertama: bubuk Ferro Chloride tertumpah.
Segera ambil tisu untuk membersihkan bubuk, hindari cairan apapun mengenai daerah tumpahan bubuk. Baru setelah semua bubuk FeCl3 itu disingkirkan, teteskan sedikit air di bekas tumpahan bubuk untuk memastikan tidak ada noda akibat sisa bubuk. Jika ternyata ada tampak noda, ikuti langkah berikut

02. Jika cairan Ferric Chloride (FeCl3) tumpah belum lama (kurang dari dua menit).
Reaksi cairan solusi FeCl3 berbeda-beda pada tiap material, kali ini diasumsikan cairan tumpah di ubin putih. Langkah penanganan pertama adalah dengan membersihkan cairan dengan kain kering. Kain ini alan menjadi “kain korban”, sebab setelah dipergunakan untuk membersihkan cairan FeCl3, kain itu biasanya akan susah untuk dibersihkan seperti sediakala. Usahakan kalau bisa untuk menggunakan sarung tangan tahan asam yang melindungi tangan tetap kering dan terhindar dari kontak dengan cairan.

Kain yang basah oleh cairan FeCl3 diperas, lalu dicelupkan ke dalam ember berisi air bersih plus sabun. Ngepel bisa dilajutkan dan diulangi sampai lantai bersih dari sisa noda. Bisanya kalau tumpahan/bocorannya tidak banyak, cairan FeCl3 tidak sempat meninggalkan noda, tapi jika ternyata meninggalkan noda, langkah coba-coba berikut bisa dilakukan

note: Gambar di atas adalah gambar noda bekas cairan FeCl3 yang sepertinya sudah lama membekas. Bercampur dengan debu dan kotoran hingga seperti berkerak. Jika sudah seperti ini, cooba dibersihkan dulu dengan silet atau pisau cutter.

 

03. Mencoba membersihkan dengan Coca-Cola
Gambar di atas adalah gambar noda bekas tapak kaki kucing yang menginjak genangan cairan FeCl3. Noda ini walau agak samar, cukup susah dihilangkan.

 

Konon menurut berita, Coca-Cola cukup ampuh untuk membersikan noda. Sayangnya beberapa kali mencoba, tampaknya belum berhasil. Barangkali juga jenis Coca-Colanya yang berbeda, entahlah🙂 .

04. Mencoba membersihkan dengan cairan pembersih toilet (mengandung HCL)

Beberapa kali mencoba membersihkan bekas tapak kaki kucing yang menginjak rembesan cairan FeCl3, hasilnya cukup lumayan selama nodanya tidak begitu “bandel”. Kadang perlu juga untuk membiarkan larutan di atas noda selama setidaknya 10 menit.

05. Mencoba membersihkan dengan cuka apel

Kekurangan paling utama dari cara ini adalah vinegar yang berupa cuka apel harganya relatif agak mahal. Hanya saja bila dibandingkan dengan cuka meja yang harganya jauh lebih murah, cuka apel yang saya beli ini sepertinya lebih pekat. Beberapa kali tanpa dicampur dengan soda kue (baking soda/sodium bicarbonate), cuka apel ini cukup mampu membersihkan noda FeCl3. Hanya saja untuk noda yang agak “bandel” cairan cuka perlu juga didiamkan beberapa saat di atas noda FeCl3 yang hendak dibersihkan.

 

06. Mencoba membersihkan dengan cuka meja dan baking soda (sodium bicarbonate)

Walaupun sesama cuka, harga cuka meja ini jauh lebih murah. Tetapi sepintas pengamatan saya memang cuka jenis ini tidak sepekat vinegar dari cuka apel. Cara penggunaannya sama, tuang di atas noda Ferric Chloride (FeCl3) pada lantai dan bila perlu bisa ditambahi baking soda.

07. Campuran

Pilihan lain adalah dengan menggunakan campuran bahan-bahan pembersih. Sebagai catatan penting, ada bahan cairan pembersih yang jelas-jelas mencantumkan larangan untuk mencampur cairannya dengan bahan lain. Kalau tidak salah misalnya Forstex. Juga penting untuk berhati-hati terhadap uap jika bahan-bahan itu bereaksi. Gunakan goggle atau setidaknya kaca mata. Hati-hati juga dengan pernapasan, dan jaga jarak aman.

Bagian akhir.

Untuk semua solusi dengan cairan di atas, penting untuk tidak hanya menuangkan cairan tetapi juga perlu menggosok noda misalnya dengan kain. Kadang perlu juga dengan bahan yang permukaannya agak kasar. Kalau tidak ada sikat logam, bisa dengan amplas. Bahkan saya pernah dengan busa PE (polyetheline foam) sisa packing barang.

 

Selamat mencoba disertai dengan kehati-hatian.
Kata kunci: Ferric Chloride, FeCl3, spill, leak, hazard, wipe, mop, baking soda, vinegar

Bacaan Lanjut:
[01] http://en.wikipedia.org/wiki/Iron%28III%29_chloride
[02] http://www.instructables.com/id/Stop-using-Ferric-Chloride-etchant!–A-better-etc/?ALLSTEPS
[03] http://blogs.eciad.ca/printmedia/files/2008/03/working-with-ferric-chloride.pdf
[04] http://www.neu.aeroweb.net/download/kostasSafetyandcleanroomprotocol.pdf
[05] http://cleanroom.ien.gatech.edu/media/uploads/msds/327.pdf

 

[06] http://www.seenox.com/2014/05/06/why-coca-cola-doesnt-belong-to-the-human-body-50-example-of-use-in-your-household/

[07] http://www.laminateflooringmanufacturers.com/cleaning-laminate-flooring.htm

[08] http://www.ehow.com/how_8063744_use-cocacola-clean-concrete.html

[09] http://www.businessinsider.com.au/51-alternative-uses-for-coca-cola-2013-6

 

[10] http://www.huffingtonpost.com/amanda-greene/baking-soda-vs-baking-powder_b_3443120.html
[11] http://id.wikipedia.org/wiki/Natrium_bikarbonat

[12] http://www.thekitchn.com/pantry-basics-whats-the-differ-40514

[13] chemistry.about.com/cs/foodchemistry/f/blbaking.htm

[14] http://culinaryarts.about.com/od/bakingdesserts/a/Baking-Soda-And-Baking-Powder.htm

[15] http://food.detik.com/read/2013/11/19/173441/2417528/297/soda-kue-dan-baking-powder-apa-bedanya

[16] http://ala-rinarinso.blogspot.com/2011/07/perbedaan-dan-persamaan-baking-soda.html

 

[17] http://limbahrumahbersih.org/2013/02/09/20-alasan-untuk-selalu-sedia-baking-soda/

[18] http://www.kaskus.co.id/thread/51f199807b1243ab3e000003/20-manfaat-lain-dari-soda-kue-aka-baking-soda

Written by sunupradana

May 17, 2014 at 8:07 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: