Pikir dan Rasa

cogito ergo sum

Kiriman Energy Meter dan RCD datang

with 2 comments

Hari ini kiriman dari pesanan saya berupa energy meter dan RCD sudah datang🙂. Kedua alat ini saya perlukan sebagai bagian dari percobaan yang perlu saya lakukan. Sebelumnya saya membeli RCD (RCCB / GFCI /GPAS) dan menyambung sendiri kabelnya. Tentang sistem tersebut saya tulis singkat di sini (link).

Pesanan RCD kali ini buatan Zhongshan Kaper Electrical CO., LTD. Belum sempat saya coba lebih jauh, apalagi untuk teardown. Saya cuma menguji dengan tombol TEST yang sudah tersedia, lain kali akan saya coba bagaimana kalau real ada beda arus pada hot dan grounded.


Foto sebelah kiri RCD, sebelah kanan Energy Meter.
 
Pesanan saya yang kedua adalah Energy Meter, serupa dengan Kill-A-Watt. Berikut adalah foto-fotonya:


 


 

Saya belum bisa membandingkan / mengkalibrasi energy meter ini. Tapi setidaknya untuk banyak keperluan praktis alat ini cukup memberikan informasi (gambaran) terhadap pemakaian energi listrik di sistem saya.

Kedua alat ini saya pesan secara online dari SimplySimpler.net . Pesan hari Sabtu, hari Senin barang sudah sampai di kos.

Disclaimer: Uji sederhana saya terhadap alat-alat ini tidak saya bandingkan dengan peralatan standar industri internasional semacam Fluke, Agilent atau Keithley. Saya tidak memiliki kepentingan bisnis ataupun pribadi apapun baik dengan produsen maupun penjual. Kepentingan saya hanya sebagai konsumen yang ingin mendapatkan barang baik dengan harga kompetitif dan pelayanan konsumen yang memuaskan. Kalau bisnis yang dijalankan dengan buruk pada gulung tikar, nantinya yang bertahan sebagian besar adalah bisnis yang baik dalam melayani konsumennya.

TIPS:
Kalau melakukan pesanan online ke manapun, minta kepada penjual untuk menulis sebagai berikut ,”Jika mengalami kesulitan untuk menemukan alamat tujuan, segera hubungi penerima di no [tulis no telepon genggam]”. Hal ini perlu karena berdasarkan pengalaman kadang kala admin penerima telepon di kantor kurir beralasan kiriman beberapa hari tidak sampai karena kurir tidak menemukan alamat tujuan.

Inti pesannya sederhana, “kalau tidak menemukan alamat saya, maka hubungi saya.” Dengan demikian kantor kurir harus mencari alasan lain yang lebih baik. Kecuali kalau kurirnya tidak punya telepon genggam🙂

Written by sunupradana

April 16, 2012 at 4:30 pm

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. saya pernah lihat di tune hotel, tentang penggunaan AC yg di jatah (kuota) misalnya12jam, 24jam dll, bila AC kita matikan, sebelum kuota habis, akan bisa kita gunakan lagi setelahnya, saya akan terapkan di rumah sakit. apakah alat ini yg saya maksud?? mafr_hasyim

    hasyim

    February 7, 2013 at 8:21 am

    • Semoga pemahaman saya tidak salah. Alat ini sepertinya hanya indikator saja. Selama memakainya, seingat saya, belum pernah ketemu fungsi pembatas (limiter). Hanya ada indikator berapa daya sedang dipakai dan akumulasi.

      sunupradana

      February 7, 2013 at 8:29 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: