Pikir dan Rasa

cogito ergo sum

Mengapa Gmail?

leave a comment »

“Mengapa harus Gmail?” Begitulah kurang lebih pertanyaan yang saya terima beberapa hari yang lalu. Jawaban pertanyaan itu tentu tergantung dari beberapa hal misalnya; keperluan, lokasi dan waktu. Masing-masing pengaturan tentu memiliki kebutuhan yang berbeda. Misalnya untuk perkuliahan saya lebih memilih Gmail karena akan memudahkan untuk mengakses akun Google. Mengapa Google? Ya karena sampai saat ini sepengatahuan saya platform inilah yang paling praktis untuk bisa mendapatkan beberapa layanan yang dibutuhkan sekaligus dalam “satu paket”.

Google yang sekarang adalah anak perusahaan dari induknya yang bernama Alphabet Inc. Sejak beberapa waktu Google telah memberikan layanan terpadu. Yang paling mudah dikenali adalah layanan mesin pencarinya; Google. Lalu layanan email; Gmail. Layanan audio-visual lewat Youtube. Layanan penyimpanan dokumen di awan (cloud) Google Drive.

Kemudian yang sekarang tidak dapat diabaikan dan akan menjadi semakin penting adalah layanan aplikasi office secara online. Maksudnya, jika dulu sekali kita hanya mengenal layanan aplikasi office terpadu secara offline seperti Microsoft Office, sekarang sudah bermunculan layanan serupa yang diakses secara online. Beberapa bahkan dapat kita pergunakan secara gratis (legal, bukan nyolong).

Layanan yang diberikan oleh Google, yaitu Google Docs, (masih) dapat secara umum dipergunakan dengan gratis. Dari link itu juga kita bisa mengakses layanan serupa yang lebih spesifik seperti; Sheets, Slides, dan Forms. Jadi hanya dengan satu akun Google, kita bisa mengerjakan tugas dengan beberapa aplikasi online gratisan. Ini juga akan mempermudah kita untuk belajar secara praktis nyata untuk berkolborasi. Bekerja sama dalam arti yang sesungguhnya untuk menghasilkan sesuatu yang baik, bukan cuma kisah seremonial…prosedural, yang tidak berorientasi pada pencapaian hasil😀.

Kegunaannya jelas, tugas kuliah sebagian akan dikerjakan dengan layanan ini. Ini mirip peralihan di masa lalu saat penggunaan komputer masih belum begitu meluas. Sampai perlu ada kursus komputer, karena saat itu belajar dari teman dan keluarga belum begitu mudah. Sekarang, sudah mirip belajar mengemudikan sepeda motor, sudah lumrah belajar bukan di tempat kursus. Nah, pelatihan penggunaan aplikasi perkantoran online ini perlu juga untuk antisipasi kemungkinan di masa yang akan datang. Mirip dengan kursus komputer (desktop) di awal-awal dulu itu🙂.

Lalu sebagai wawasan apakah layanan aplikasi perkantoran seperti ini hanya dimiliki oleh Google? Ada yang lain yang juga gratis?

Yang paling cepat melintas di otak saya adalah ingatan tentang Zoho. Ini juga layanan “office” yang gratis untuk dipergunakan. Perbandingan layanan ada di link ini.

Selain Zoho sebenarnya ada juga beberapa layanan yang bisa dipergunakan, antara lain yang mungkin sudah akrab didengar oleh sebagian masyarakat Indonesia adalah layanan Microsoft Office.

Yang juga perlu disebutkan adalah layanan yang mungkin menarik walaupun tidak sebesar ketiga layanan sebelumnya yaitu thinkfree. Di masa-masa yang akan datang mungkin layanan ini akan memberikan alternatif yang menarik yang diperlukan tapi belum dimiliki oleh Google.

 

Bacaan lanjut:

https://en.wikipedia.org/wiki/Online_office_suite

http://www.howtogeek.com/183299/a-free-microsoft-office-is-office-online-worth-using/

http://andybrandt531.com/2014/09/google-docs-zoho-writer-face-ring-round-2/

http://www.pcworld.com/article/2872072/office-online-vs-office-365-what-s-free-what-s-not-and-what-you-really-need.html

Written by sunupradana

September 10, 2015 at 8:49 am

Posted in Internet

Tagged with , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: