Pikir dan Rasa

cogito ergo sum

Screen capture dengan ShareX

leave a comment »

Salah satu aplikasi untuk screen capture dan berbagi file lainnya yang menurut saya bagus di platform Windows (setidaknya di Windows XP ori saya) adalah software ShareX.

Semalam saya mencari-cari aplikasi yang memudahkan saya untuk melakukan unggah (upload) hasil capture langsung ke tempat penyimpanan online. Di sistem Gnu/Linux andalan saya adalah aplikasi Shutter dan juga JShot.

Kekurangan versi terakhir (sampai tulisan ini saya buat) dari JShot adalah plugin untuk upload ke Picasa sudah tidak lagi berfungsi. Kemungkinan berkenaan dengan masalah versi OAuth. Begitu pun untuk Twitpic, gagal unggah.

Solusi untuk masalah ini saya temukan sebagai hasil dari proses googling. Nama aplikasi pengganti yang sesuai adalah ShareX, legal & gratis. Software ini sebenarnya punya kemampuan untuk lebih dari sekedar mengunggah langsung hasil capture ke layanan online, tetapi juga untuk berbagi file.

shareX.jpg

Jika tertarik bisa langsung menuju ke situsnya: ShareX

Written by sunupradana

September 9, 2015 at 12:09 pm

Posted in Komputer

Tagged with ,

Leave a Reply

