Pikir dan Rasa

cogito ergo sum

Menyingkirkan clutter dari meja kerja untuk sesaat

leave a comment »

Memiliki meja kerja yang lapang di ruangan yang luas, plus peralatan yang lengkap dan tertata rapi adalah keinginan dan impian dari hobbyist, teknisi maupun engineer. Namun seperti yang umum terjadi kemewahan seperti itu hanya impian bagi sebagian orang, termasuk saya. Kenyataan harus dihadapi, bagaimana menata (mengelola) ruang yang terbatas untuk berbagai kegiatan adalah tantangan yang kadang tidak diajarkan di sekolah secara khusus🙂.

Penataan yang melibatkan kotak-kotak penyimpanan untuk komponen dan peralatan akan coba dibahas lain kali.

Seringkali meja kerja kita perlu dipakai untuk berbagai kegiatan secara bergiliran, berbagai percobaan, berbagai eksperimen. Karena itu kadang perlu menyingkirkan untuk sementara benda-benda yang berada di atas meja. Ada yang perlu ditempatkan di dalam kotak plastik, semisal instrumen dan komponen yang tidak akan dipergunakan dalam jangka waktu agak lama. Kadang cukup ditempatkan di kotak kardus (seperti bekas kotak rim kertas atau mie) semisal kotak rangkaian, kabel-kabel. Kadang cukup ditaruh sementara di kantong plastik (kresek).

Saya biasanya menggunakan kantong plastik untuk memindah sementara benda-benda dari meja kerja yang terbatas, karena cara ini paling murah. Hanya saja perlu hati-hati, jangan sampai dalam keadaan sibuk/panik kantong plastik itu terbuang karena dikira sampah. Dalam keadaan sibuk atau konsentrasi pada hal lain, gampang sekali untuk lupa. Salah satu siasatnya adalah dengan membedakan antara warna kantong plastik komponen/alat dengan kantong plastik tempat sampah.

Hanya saja karena saya cenderung lupa maka saya mencoba cara lain. Untuk clutter yang jumlahnya tidak banyak, saya memanfaatkan plastik pelindung dokumen untuk tempat penyimpanan sementara. Plastik seperti ini sangat kecil kemungkinanya untuk tidak sengaja terbuang. Paling baik jika bisa tersedia ukuran folio, atau ukuran lain yang masih cukup untuk menyimpan benda-benda yang sementara tak terpakai di atas meja.

Demikianlah, kalau ada ide lain silahkan dibagi🙂.

Written by sunupradana

June 29, 2013 at 5:02 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: