Pikir dan Rasa

cogito ergo sum

Terhubung dengan Tri tetapi gagal browsing [solved]

leave a comment »

Hukum Murphy berlaku lagi…

Beberapa hari yang lalu saya mencoba menggunakan kembali paket data dari operator Tri mengingat merasa sayang jika sisa kuota tidak dimanfaatkan. Pilihan ini saya ambil daripada memperbaharui paket data dari operator lain. Saat itu saya kaget karena koneksi Internet saya lewat operator Tri (three) yang biasanya relatif cukup lancar tiba-tiba tidak lagi bisa dipergunakan tepat saat saya perlu mengakses Internet. Padahal saya tidak mengubah sedikit pun konfigurasi koneksi.

Gejala yang saya alami pun cukup unik (kalau tidak bisa dianggap aneh dari sisi pengguna). Saya bisa terhubung dengan jaringan Tri, tetapi saya tidak bisa mengakses situs-situs yang biasa saya kunjungi, bahkan situs Google dan Yahoo. Saya sudah mencoba dengan beberapa alat lain (modem+tab) dengan hasil yang sama yaitu gagal. Lucunya jika saya mencoba menggunakan kartu Tri ini di telepon genggam, yang melakukan auto-detect untuk konfigurasi GPRS, saya bisa mengakses halaman web di Internet. Jadi koneksi dengan GPRS bisa, koneksi dengan paket 3data tidak bisa.

Screenshot/screen capture konfigurasi koneksi USB modem di GNU/Linux Ubuntu

Editing konfigurasi koneksi di GNU/Linux Ubuntu

Konfigurasi di GNU/Linux Ubuntu

Terhubung ke Tri tetapi tidak bisa browsing web pages🙂

Ping. DNS-nya ngambek…paketnya all lost

Screenshot dari traceroute

Dari pengalaman ini ada beberapa skenario langkah yang menurut saya bisa dilakukan.

1. Kalau anda (bisa) menggunakan telepon genggam atau modem anda bisa untuk sms/USSD, anda bisa memeriksa status paket data anda dengan mengirim sms INFO DATA ke 234 atau melakukan panggilan USSD *111#. Ini juga sekaligus memeriksa apakah anda dapat terlayani oleh BTS Tri (jaringan ok).

2. Kalau anda memiliki kartu lain yang aktif (semisal Telkomsel, Mentari, Axis) bisa dicoba pada modem/tablet untuk memastikan alat anda tidak rusak.

3. Kalau anda memiliki modem/tablet/telepone-genggam lain maka kartu Tri anda itu bisa dicoba untuk memastikan nomor, paket data dan koneksi jaringan memang tidak sedang bermasalah.

Jika tiga langkah sederhana dan logis itu sudah dilakukan dan belum ditemukan solusi maka saatnya untuk melapor ke Tri. Pilihannya ada dua, melapor ke kantor layanan Tri terdekat atau melapor ke kantor pusat Tri via email atau telepon. Untuk saya sendiri (berdasarkan sekelumit pengalaman) saya akan memilih lapor ke kantor Tri jika saya duga masalahnya tidak terlalu rumit secara teknis, jarak tempuh ke kantor itu tidak terlalu jauh, dan saya duga permasalahan itu bisa diselesaikan secara lokal oleh CS/TA Tri. Saya menggunakan email ke kantor pusat Tri jika permasalahan saya pikir & rasa tidak bisa cepat teratasi. Sebab bisa jadi permasalahannya bukan pada alat/nomor/jaringan lokal, dengan email bisa jadi rantai estafet informasi ke TA yang berkepentingan jadi lebih pendek (ini masih spekulasi saya).

Saya tidak bisa memastikan apa saja alat yang tersedia untuk uji coba di kantor Tri di tiap kota tetapi saya punya sedikit pengetahuan apa yang tersedia di kantor 3store Yogyakarta. Saya menyaksikan sendiri bahwa di kantor 3Store Yogyakarta di Jalan Cornel Simajuntak No.1&3 mereka memiliki beberapa alat standar sederhana yang bisa dipergunakan untuk pelacakan gangguan pada pelanggan. Mereka memilki telepon genggam, tablet samsung (dengan slot kartu GSM), modem USB, dan netbook.  Jadi ini tinggal tergantung pada CS (Customer Service) untuk sejauh mana mau melakukan percobaan untuk menentukan mengapa nomor/kartu/paket-data anda bermasalah. Kadang anda (menurut saya) perlu membiarkan CS untuk melakukan percobaan walau tidak sistematis, selama tidak terlalu merugikan anda. Saya maklum karena sebagaimana troubleshooter lainnya, CS terlatih/dibentuk untuk memiliki dugaan-dugaan tertentu berdasarkan pengalaman akan jenis error yang paling umum mereka temui. Langkah-langkah troubleshooting yang ikut pakem itu biasanya hanya di lingkungan akademis, karene bisa jadi bertele-tele🙂.

Dalam kasus saya, akhirnya saya mendapat solusi di tangan CS yang bernama mbak Ira. Yang saya senang dan hargai adalah mbak Ira betul-betul mau mencoba segala kemungkinan untuk mencari mengapa koneksi Internet saya bermasalah. Mbak Ira mau bongkar pasang kartu dengan berbagai alat dengan berbagai konfigurasi hubungan dalam upaya menemukan apa yang bermasalah. Jadi, mbak Ira sebagai CS tidak hanya mengandalkan/menggunakan alat-alat yang saya bawa. Ini dedikasi seorang CS yang patut diapresiasi. Barangkali sialnya adalah karena menurut mbak Ira, kasus seperti saya ini jarang terjadi. Bahkan untuknya ini yang pertama, begitu pengakuannya. Setelah dua kali kartu saya diganti dengan tetap menggunakan nomor yang sama, sekarang koneksi saya dengan Tri (three) lancar jaya. Saya tak begitu paham persoalan sebenarnya di mana. Karena kalau hanya kartu yang rusak maka kartu yang baru (tetap 32K) seharusnya sudah bisa lancar. Kartu terakhir yang saya dapat sebagai ganti berkapasitas 64K dan sepertinya IP DNS yang saya dapat tak lagi sama dengan saat koneksi saya masih trouble.

Demikian, semoga pengalaman ini bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk masalah serupa.

Kalau perlu ke 3Store, kantor Tri Jogja:

Jl. Cornel Simajuntak No. 1&3, Yogyakarta
Jam Operasional:
Senin – Minggu : 09.00 – 19.00
Libur nasional tetap buka

 

Koordinat GPS:

-7° 46′ 57.84″, +110° 22′ 19.70″  ATAU  -7.782734, 110.372139

Lokasi 3Store Jogja

Lokasi 3Store Jogja (klik untuk memperbesar gambar)

http://tri.co.id/3store.php

Written by sunupradana

June 23, 2013 at 11:04 am

Leave a Reply

