Pikir dan Rasa

cogito ergo sum

Menggunakan GPS dengan OsmAnd

with 4 comments

Karena saya ndak kuat membeli handset Blackberry apalagi iPhone, maka saya mencari aplikasi GPS (Global Positioning System) yang bisa beroperasi di sistem Android. Seorang kawan memberitahu saya tentang aplikasi OsmAnd yang bisa beroperasi di handset bersistem Android secara offline (tanpa perlu akses data ke Internet).

Icon OsmAnd

Tampilan awal

Keunggulan software (app) OsmAnd yang mampu beroperasi tanpa koneksi Internet sekaligus juga berpotensi menjadi kelemahannya. Sebelum bisa beroperasi dengan baik, pengguna perlu mendownload (mengunduh) peta offline. Lumayan besar ukuran datanya, sekitar 168 MB.

Peta offline yang perlu diunduh (diakses melalui menu setting).

Dari menu anda bisa memilih apa yang ingin anda peroleh. Misalnya jika anda memilih “Where am I?” maka jika anda sudah mengaktifkan GPS dan sudah locking, anda akan ditunjukkan di mana lokasi anda sekarang berada (titik dan lingkaran biru). Akurasi penguncian GPS diwakili oleh besarnya lingkaran biru pada peta.

Menu pilihan

Akurasi +/- 15meter

0 sat used

Berikut contoh gambar screenshot saat saya menyambangi utara Yogyakarta.

Sat 6/11 used

Menu 1/2

Menu 2/2

Pada koordinat posisi anda ataupun koordinat dari titik yang anda tetapkan, anda bisa  menggunakan sub menu “Use location“. Anda bisa menyimpan koordinat dengan memilih “Add to favorites“. Misalnya kalau anda perlu menyimpan lokasi warung yang menurut anda enak masakannya.

Sub-menu dari menu “Use location…”

 

Anda juga bisa menggunakan lokasi (koordinat) untuk dibagi ke sistem/orang lain dengan menggunakan sub-menu “Share location“. Silahkan pilih apakah anda ingin sharing dengan menggunakan Email atau SMS, dst.

“Use location…” >> “Share location”

Contoh jika anda memilih untuk berbagi dengan sarana SMS.

Jika anda memilih untuk menggunakan geo:. Jika anda sudah memiliki aplikasi Google Maps & Waze

Jika anda memilih untuk berbagi dengan email.

 

Kalau anda perhatikan baik berbagi menggunakan email maupun sms, koordinat lokasi disertakan dengan jelas. Latitude (lat) dan longitude (lon) disertakan secara jelas, eksplisit. Ini memudahkan jika kita hanya membutuhkan data titik koordinat atau jika ingin menggunakan selain dari Osm atau app OsmAnd. Misalnya cukup copy&paste titik koordinat tersebut ke Google Maps, maka anda akan langsung ditunjukkan dimana titik tersebut berada di peta.

Selain menggunakan titik koordinat di mana anda saat ini berada dengan bantuan satelit GPS, anda juga bisa memperoleh informasi titik koordinat pada peta dengan cara menekan agak lama pada lokasi yang anda inginkan. Kemudian titik koordinat itu bisa anda pergunakan dengan cara yang sama seperti titik koordinat anda berada.

 

Tekan layar smartphone anda sesaat sampai informasi koordinat muncul.

POI, anda bisa memperoleh informasi tentang tempat yang mungkin perlu anda datangi. Dapat diurut dari yang jaraknya paling dekat dengan lokasi anda berada.

 

Lokasi nasi pecel SGPC Bu Wiryo

 

Rute dari SGPC ke Lempuyangan

 

Lokasi mula di SGPC, zoomed in.

 

Bacaan lanjut:

http://en.wikipedia.org/wiki/Global_Positioning_System

https://en.wikipedia.org/wiki/Point_of_interest

http://osmand.net/

http://code.google.com/p/osmand/wiki/Welcome

http://wiki.openstreetmap.org/wiki/OsmAnd

http://alternativeto.net/software/osmand/?platform=iphone

https://play.google.com/store/apps/details?id=net.osmand

http://transition.fcc.gov/mb/audio/bickel/DDDMMSS-decimal.html

Written by sunupradana

June 23, 2013 at 3:38 pm

Posted in Internet, Komputer, Technology

Tagged with , , ,

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. […] +OsmAnd Aplikasi OsmAnd berbasis pada peta offline dari OpenStreetMap. Aplikasi OsmAnd adalah aplikasi yang paling gampang untuk mengetahui titik koordinat secara manual, terutama bia dibandingkan dengan aplikasi Waze. Untuk lebih lanjut tentang OsmAnd saya telah mencoba membuat artikel di sini: https://pikirsa.wordpress.com/2013/06/23/menggunakan-gps-dengan-osmand/ […]

  2. nanya bos, apa ada aplikasi GPS yg bisa di gunakan buat di laut,? soalnya sy ini pemancing, artinya klo sy sdh menemukan titk spot mancing yg bagus dan suatu saat sy mau ke tempat spot yg sama apakah ada applikasi yg bisa mengunci titk spot trsbut dan bisa memandu sy kembali ke titk spot pemancingan itu lagi?. terimakasih.

    andi uchu

    January 24, 2014 at 1:54 am

    • Sayangnya saya belum pernah mencoba app gps di laut. Beberapa app menunjukkan titik koordinat posisi tiap saat. Beberapa juga bisa menyimpan titik sebagai lokasi favorite, misalnya app OsmAnd.

      sunupradana

      January 24, 2014 at 5:25 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: