Pikir dan Rasa

cogito ergo sum

Akses BimaTri dan internet.tri.co.id dari jaringan operator lain

with 11 comments

Mungkin anda pernah mendengar atau bahkan sudah menggunakan aplikasi yang bernama BimaTri. Aplikasi ini memudahkan pengguna Tri (Three) untuk memonitor status paket data miliknya dan membeli paket data dari Tri. Info lanjut bisa diperoleh di situs bima.tri.co.id.

Saya menggunakan aplikasi BimaTri di hape (telepon genggam) Android dengan jaringan Tri. Tentu saja aplikasi ini akan otomatis memberikan informasi paket data yang saya miliki di nomor Tri yang saya pergunakan. Jika pengguna jaringan Tri yang memiliki paket data mengakses situs internet.tri.co.id maka juga akan langsung diarahkan ke halaman yang menampilkan informasi yang kita miliki.

Pertanyaannya kemudian adalah bagiamana jika kita ingin memperoleh informasi mengenai paket data yang kita miliki jika kita tidak sedang menggunakan jaringan Tri? Saya pernah mengalami masalah, saya bisa terhubung dengan jaringan Tri tetapi tidak bisa terhubung dengan Internet. Saya diberi IP publik tapi saya tidak bisa mengskses situs web manapun. Untuk kasus seperti ini memang tampaknya mencari informasi sisa kuota paket data dengan mengirim sms INFO DATA ke 234 adalah satu-satunya cara selain dengan cara melakukan panggilan USSD *111#.

USSD *111#

USSD *111#

SMS info data ke 234

Saya mencoba menelusuri cara lain mengambil analogi dari sistem informasi pelanggan milik Smartfren. Para pelanggan Smartfren bisa mengakses informsi paket data Internet miliknya dari jaringan operator telkom manapun di Indonesia asalkan sudah mengatur dengan benar userid dan password yang diperlukan untuk login. Misalnya, situs data.smartfren.com dapat diakses dari modem berkartu Tri. Kalau Smartfren bisa apa iya Tri tidak bisa?🙂

Percaya atau tidak saya pernah bertanya secara langsung dan jawabannya adalah bahwa baik BimaTri maupun halaman info paket data di internet.tri.co.id hanya bisa diakses dari jaringan Tri (dari nomor telepon Tri). Awalnya saya percaya karena beberapa kali mencoba dari jaringan lain hasilnya selalu gagal. Ternyata saya gagal karena setting saya saja yang belum benar untuk akun saya di internet.tri.co.id.

Melalui artikel ini saya ingin menampilkan bukti bahwa baik BimaTri maupun info akun kita di internet.tri.co.id dapat diakses walaupun tidak menggunakan nomor/jaringan operator Tri. Tentu saja dengan asumsi bahwa setting akun kita sudah benar. Untuk setting awal akun, akseslah situs internet.tri.co.id dari jaringan Tri dan mengisi dengan benar alamat email yang akan kita pergaunakan untuk login (via web, app BimaTri menggunakan nomor Tri) serta password.

Satu hal yang masih misterius buat saya adalah mengapa hanya berhasil login dengan akun email Yahoo dan selalu gagal jika menggunakan alamat email dari Gmail. Padahal pergantian antar email selalu dilaporkan sukses.🙂

Pengubahan alamat email yang akan dipergunakan untuk login

Aktifasi email di sistem Android

Keterngan bahwa email sudah berhasil diaktifkan

Login diperlukan karena anda TIDAK MENGGUNAKAN jaringan Tri. Artinya masih bisa dengan jaringan lain asal bisa mengisi no Tri dan password untuk login. Hanya saja, jika menggunakan jaringan selain Tri tiap kali anda harus mengisi info login.

halaman internet.tri.co.id dengan web browser Dolphin

Lanjutan, info sisa kuota data Internet

BimaTri diakses dari jaringan/kartu Telkomsel

Bukti, melalui jaringan operator Smartfren (wifi) atau Telkomsel, bukan Tri

Perlu bantuan lebih lanjut silahkan hubungi …🙂

UPDATE:

Saya mengirim email ke 3care untuk menanyakan bagaimana pernyataan pihak Tri (Three) sebenarnya mengenai login dari jaringan lain dan mengapa saya bisa login dengan akun email Yahoo tetapi gagal login jika saya mengubahnya menjadi akun Gmail. Berikut dua email jawabannya:

1.

Kepada Yth.

Bapak Sunu,

Menjawab pertanyaan yang Bapak Sunu sampaikan sebelumnya mengenai layanan Bima Tri, kami informasikan untuk bima Tri kami lebih menyarankan untuk menggunakan kartu TRI agar bisa langsung terhubung dengan web tersebut dan tidak dimintakan untuk log ini ke self care http://internet.tri.co.id. Mengenai log ini ke http://internet.tri.co.id dan apabila Bapak telah melakukan perubahan email namun tetap tidak bisa, kiranya dapat di informasikan alamat email yahoo.com dan gmail.com guna investigasi lebih lanjut.

Hormat kami,

[deleted name]

3Care

123 dari nomor Tri Anda

0896-44000-123 dari nomor lainnya

www.tri.co.id

2.

Kepada Yth.

Bapak Sunu,

Menjawab pertanyaan yang Bapak Sunu sampaikan sebelumnya mengenai penggantian user name (email) dapat kami informasikan selain dengan username email pertama kali terdaftar, Bapak juga dapat login menggunakan nomor Tri yang digunakan (berawalan 62) contoh : 6289612345xxx dan apabila Bapak Sunu  menggunakan nomor 3 yang telah aktif paket internet serta telah mendownload aplikasi BimaTri maka dapat langsung digunakan untuk pengecekan sisa kuota, masa aktif berlangganan serta pembelian paket internet. Pastikan tidak menggunakan signal Wi-Fi juga.

Apabila Bapak Sunu memerlukan informasi terkait dengan layanan kartu 3, silahkan menghubungi kami.

Hormat kami,

[deleted name]


UPDATE 25 Juli 2015:

Karena saya kembali mempergunakan kartu Tri, saya mencoba kembali cara mengakses informasi kartu Tri yang saya miliki dari jaringan lain, dalam hal ini saya menggunakan Speedy. Sekarang saya sudah tidak lagi (atau belum merasa perlu) mempergunakan Bima Tri. Cukup mengakses dengan browser yang tersedia ke http://my.tri.co.id/.

Akses seperti biasa, masukkan nomor/email dan password, juga isi captcha (dalam contoh gambar ini 0222). Kalau sudah pernah mendaftar tetapi lupa passwordnya, klik “Lupa password?”. Nanti akan dikirimi email ke alamat email yang dulu dipakai, klik link dari sana untuk melakukan reset password.

Ini screenshot bukti saya bisa mengakses informasi kartu Tri saya dengan browser Chrome di handset Android melalui jaringan Telkom Speedy.

Setelah selesai, jika diperlukan, bisa Logout.

Written by sunupradana

June 23, 2013 at 2:11 am

11 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Ga bs internetan

    kartiwan awan

    January 20, 2014 at 12:02 am

  2. Ga bisa internetan

    Widiya ningsih astuti

    September 4, 2014 at 12:46 am

  3. kok saya sudah pake 3 tetap tidak bisa masuk

    dani

    September 28, 2014 at 3:57 pm

    • Wah berkaitan dengan lokasi saat ini, sy tidak lagi menggunakan 3. Ada yang lain yang bisa membantu atau punya pengalaman juga?

      sunupradana

      September 28, 2014 at 4:22 pm

  4. gimana ya caranya meregister profil di tri.co.id? Teman saya bisa mengecek status paket menggunakan akses kartu 3nya di tri.co.id tetapi dia tidak bisa mengetahui username dan password untuk log-in ke halaman tersebut

    Slavazander

    May 18, 2015 at 4:18 pm

    • Maaf, saya baru kembali menggunakan 3. Baik yang di modem maupun yang di cell phone semuanya menggunakan browser untuk mengakses http://my.tri.co.id/. Jadi saya sudah tidak lagi menginstall dan mempergunakan Bima Tri, maaf.

      sunupradana

      July 25, 2015 at 12:27 am

  5. daftarnya gmna tuh,, kog pasnya gag ada dimeori,, beri solusi cara mendaftar kak ?

    danu

    June 16, 2015 at 3:21 pm

  6. plis kak beri solusi cara daftarnya ?

    danu

    June 16, 2015 at 3:22 pm

    • Saya sudah update informasi di tulisan di atas. Maaf sekali saya sudah tidak lagi menggunakan Bima Tri. Bahkan dari jaringan operator lain kita bisa melihat info kartu Tri kita, seperti cara yang saya update di atas.

      sunupradana

      July 25, 2015 at 1:30 am

  7. Saya beli paket regular yg 500mb masa aktif nya sebulan tpi baru digunakan 1 hari kurang paketan saya sudah habis padahal saya hanya mengunakan untuk bbm dan itu aja tdk terkirim. Ini terjadi bkn hanya sekali sma saya

    putri amalia

    December 28, 2015 at 8:54 am

  8. Kalau bisa jaringan ya d perkuat gan jangan cuma cari pelanggan saja .

    andi

    January 23, 2016 at 1:17 pm


Leave a Reply

