Pikir dan Rasa

cogito ergo sum

Pengujian catu daya menggunakan inverter

with one comment

Pada artikel sebelumnya saya paparkan pembuatan testbed sederhana yang bisa dipakai untuk menguji catu daya. Untuk keperluan itu komponen resistor yang sesuai ditempatkan pada testbed. Sekalipun testbed ini dapat dipergunakan juga untuk keperluan pendinginan komponen lain (device under test) namun penggunaan komponen resistor cukup penting dengan asumsi sifat resistif dari komponen resistor jauh lebih kuat dari unsur kapasitif dan induktif.

Kekurangan penggunaan resistor pada testbed adalah karena keterbatasan besar arus yang dapat mengalir. Hal ini disebabkan karena jenis resistor yang gampang ditemui adalah resistor yang bertipe semen, bukan wirewound yang terbungkus alumunium. Untuk tantangan ini partial workaround yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan resistor dengan konfigurasi paralel. Tetapi ini juga terbatas, dengan resistor semen berbatas daya 20 W, jika dipergunakan sampai catu 12 V maka umumnya aman untuk menarik arus antara 3 A ~ 6 A.

 

Saya sampai tulisan ini dibuat belum melakukan runtutan uji coba untuk menguji daya tahan resistor semen terhadap besar arus hingga resistor itu pecah / rusak. Mungkin lain waktu saat ada waktu lebih luang.

Saat ini untuk “menarik” arus yang lebuh besar dari 4 A dari sumber saya lebih memilih untuk menggunakan inverter yang dihubungkan dengan bohlam (bulb / incandescent light bulb). Besar daya lampu dapat dipilih sesuai keperluan, yang umum dijual adalah lampu berdaya 100 Watt, untuk lampu 150 Watt sudah agak jarang saya temui.

 

 

 

 

 

 

 

 

Video (click to play):

 

Written by sunupradana

December 14, 2011 at 2:26 am

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. […] (SMPS) Alfa “12 A kotak merah”  dengan menarik arus lebih besar digunakan bantuan inverter. Inverter kemudian dihubungkan dengan lampu pijar, untuk keperluan ini bisa dipergunakan 150 Watt […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: