Pikir dan Rasa

cogito ergo sum

Perakitan catu daya (SMPS)

with 3 comments

“Selalu ada saat pertama untuk segalanya”

 

Begitulah, selalu ada saat pertama untuk belajar sesuatu, kecuali kematian yang memang jarang datang dua kali. Saat belajar elektronika, baik sebagai hobbyist, hacker atau maker, kita selalu perlu sistem catu daya. Sistem ini menyediakan sumber daya energi untuk berbagai sistem yang akan kita pergunakan. Saat pertama belajar elektronika catu daya yang kita miliki barangkali tidaklah besar, misalnya memiliki kapasitas 1 A.

 

Semakin lama, semakin banyak kegiatan tinkering yang kita lakukan kita akan memerlukan catu daya yang berkemampuan lebih besar.  Entah untuk menyelesaikan proyek akhir / tugas akhir / tesis atau berbagai kegiatan di lab pribadi kita. Tulisan kali ini hanya akan menyajikan perakitan salah satu SMPS yang berhasil saya rakit dan lolos uji. Harapannya bagi mereka yang baru mulai mencoba tidak akan kecewa hingga patah semangat dalam belajar dan juga agar cepat untuk siap belajar hal-hal lain. Walaupun, sebenarnya kesalahan dan kegagalan itu adalah pelajaran terbaik dalam bergiat di banyak bidang, termasuk dalam elektronika. Barangkali dalam kata lain artikel ini ditulis agar pemula cepat bersedia untuk membuat kesalahan lain yang lebih bermakna🙂

 

 

 

 

Ukuran dimensi kotak tempat wadah papan SMPS haruslah cukup besar agar pengaturan kabel lebih leluasa (faktor keselamatan) dan agar udara dapat beredar.

 

 

 

Sistem catu daya rakitan sendiri sebaiknya memiliki binding post, saklar (rocker switch), sekring (fuse) + tempat sekring & kipas pembuang udara panas. 

Peristilahan seputar sekring (fuse) dapat dipelajari di dokumen ini [klik]. Pemilihan fuse dapat dibaca di dokumen ini [klik].

 

 

 

 

 

Tahap terakhir adalah pengujian, tapi ini untuk cerita berikutnya.

https://pikirsa.wordpress.com/2011/12/14/pengujian-catu-daya-smps-alfa-dengan-beban-resistif/


 

Catatan: saya tidak memiliki hubungan bisnis apapun dengan perancang, produsen, distributor maupun toko-toko penjual semua barang yang ada dalam laporan ini. Saya tidak memiliki kepentingan bisnis apapun, kepentingan saya adalah untuk give it back ke komunitas Internet, tempat saya belajar banyak hal. Hati-hati, arus listrik dapat dengan mudah membunuh!!! Pastikan pelajari terlebih dahulu tata cara kemanan dalam bereksperimen (yang sudah banyak tersedia di Internet).

Written by sunupradana

December 13, 2011 at 6:25 pm

3 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. […] Perakitan catu daya (SMPS) […]

  2. […] menguji catu daya (SMPS) Alfa “12 A kotak merah”  dengan menarik arus lebih besar digunakan bantuan inverter. Inverter kemudian dihubungkan […]

  3. sipp

    irfan

    May 12, 2014 at 10:20 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: