Pikir dan Rasa

cogito ergo sum

Template PCB dengan ExpressPCB

with 3 comments

Ada beberapa ukuran PCB yang dijual di toko-toko komponen elektronika, yang saya pernah lihat dari yang mirip ukuran postcard sampai yang hampir seukuran kaca depan mobil Tyt Avz🙂. Entah sebenarnya ada berapa macam ukuran PCB yang diedarkan oleh para distributor di Indonesia. Yang paling sering dijual adalah yang berukuran kecil, sedikit lebih besar dari ukuran kartu pos.

Untuk rancangan PCB yang tidak rumit dan perlu cepat saya biasanya mempergunakan ExpressPCB. Software ini berjalan baik di OS Windows maupun di OS GNU/Linux seperti Ubuntu (dengan Wine). Untuk lebih mempercepat lagi proses perancangan perlu suatu template. Yang paling dasar adalah template dari ukuran maksimum PCB yang akan dipergunakan. Hal ini mempermudah kerja terutama jika perancangan langsung menggunakan PCB layout, tanpa didahului oleh pembuatan schematic. Tata letak komponen dan jalur sinyal (track) pada PCB seringkali juga adalah proses “seni”. Dengan demikian penetapan batas-batas rancangan akan memudahkan proses perancangan PCB.

Satuan ukuran pada perancangan PCB umumnya adalah mil, diturunkan dari inch. Selain dengan menggunakan tabel buatan sendiri untuk ukuran-ukuran yang lazim, konversi bisa pula dilakukan dengan bantuan perangkat lunak. Di GNU/Linux Ubuntu dapat dipergunakan aplikasi ConvertAll yang dapat di-install dengan perintah $sudo apt-get install convertall. Untuk sistem Windows ConvertAll dapat diunduh di sini.

Template ExpressPCB yang saya buat untuk PCB dengan ukuran 10 cm X 20 cm (3937.0079 mil X  7874.0157 mil) dapat di-download di sini. Ukuran pada template itu diringkas menjadi 3.9 inch X 7.8 inch (3900 mil X 7800 mil).

Kalau memerlukan template untuk component footprint dapat dilihat di tulisan ini.

Written by sunupradana

November 22, 2011 at 2:50 pm

Posted in Circuits, Komputer

Tagged with , , ,

3 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Bang saya coba belajar software ini tapi pada saat saya membutuhkan komponen relay ternyata di library tidak ada, dah coba nyari2 nggak juga ketemu2, bisa bantu bang gimana caranya tuk menambah library daftar komponen di software ini

    Agus

    July 25, 2012 at 11:20 am

    • Hi, mas Agus. Dulu saya belajar menambah komponen dengan cara pertama-tama memodifikasi komponen yang telah disediakan. Di menu “Component” terdapat beberapa sub-menu yang dipergunakan untuk kegiatan ini; “Group to make…” , “Ungroup…” , “Save…” , “Set component…”.
      Misalnya Anda bisa memilih komponen dioda yg tersedia, lalu select (pilih) komponen itu, lalu ungroup. Lakukan modifikasi seperlunya, lalu select semua bagian komponen (dengan drag-hold left mouse). Kemudian “Save custom component”, nantinya Anda bisa lihat komponen custom anda itu pada Component Manager. Caranya dengan memilih “Custom components” pada pilihan radio buttons (default-nya pada Library components).
      Untuk memastikan dimensinya benar-benar sesuai/cocok, saya dulu biasanya menggunakan bantuan printer, selain penggaris/jangka sorong.
      Kalau mau mencoba peruntungan untuk komponen lainnya bisa coba dilihat sendiri di:
      http://www.aplomb.nl/TechStuff/Tools/Tools_page.html
      dan
      http://tech.groups.yahoo.com/group/expresspcb
      . Demikian semoga ada manfaatnya.

      sunupradana

      July 26, 2012 at 12:29 pm

  2. Permisi mas mau tanya, saya menggunakan expresspcb. nah si pembuat jasa pcb hanya menerima print desain pada kalikir. untuk mencetak ke kalkir harus ke percetakan dan saya menyertakan file PDF. Namun, mengapa ukuran desain bisa berubah mengikuti ukuran kertas?ukuran kertas saya kecilkan jadi A7 juga mengikuti semakin kecil. saya jadikan A3 juga ikut membesar

    terima kasih

    Daus

    February 11, 2016 at 10:12 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: