Pikir dan Rasa

cogito ergo sum

USBasp programer mikrokontroler untuk Atmel AVR dan 8051 ( at89s2051, at89s51, at89s52 )

with 13 comments

USBasp adalah programmer mikrokontroler yang sudah menggunakan USB secara langsung sebagai sarana komunikasinya. USBasp sudah tidak lagi menggunakan komunikasi berstandar serial RS-232, sehingga tidak lagi memerlukan berbagai macam konverter untuk berkomunikasi dengan perangkat komputasi modern. Setelah nyata parallel port mulai menghilang dari kebanyakan motherboard PC, sekarang serial port pun mulai langka dijumpai. Terutama karena perangkat komputasi sekarang lazim semacam laptop, notebook, netbook atau ultrabook yang bersenjata utama USB port.

USBasp umumnya dipergunakan untuk melakukan pemrogramman mikrokontoller keluarga ATMEL AVR. Termasuk yang sudah umum dipergunakan di Indonesia seperti attiny2313, atmega8, atmega8535, atmega16 dan atmega32. Programmer ini juga bisa dipergunakan untuk memprogram bootloader Arduino (saya coba pada atmega8). Juga bisa dipergunakan untuk memprogram langsung hasil kompilasi Arduino sketch (berbentuk file hex) yang dihasilkan oleh IDE Arduino di komputer.

Saat ini untuk memprogram mikrokontroler lazim digunakan metode ISP (In-System Programmable). ISP biasa disebut juga ICP (In-Circuit Programmer) atau ICSP (In-Circuit Serial Programmer), tergantung vendor microcontroller dan sistemnya. Dengan cara ISP ini, mikrokontroller tidak perlu dilepas dari papan sistem yang dibuat, asalkan terdapat port untuk ISP. Port ini bisa mengikuti konfigurasi 6-way atau 10-way.

Nah firmware USBasp telah diupdate dan saya temukan telah uploaded oleh Gaurav Chaudary di Internet. {I LOVE INTERNET}🙂 . Dengan firmware ini USBasp dapat dipergunakan untuk memprogram bukan hanya keluarga ATMEL AVR tetapi juga uC dari ATMEL yang berasitektur MCS-51. Penerus uC 8051 ini sudah ada yang mendukung pemrogramman dengan lewat ISP. Misalnya AT89S2051, AT89S51, AT89S52, AT89S8253, kesemuanya dapat diprogram dengan USBasp.

Nah karena saya belum sempat untuk reinventing-the-wheel dan supaya tidak dikira berupaya terlihat hebat dengan menyembunyikan sumber belajar maka saya cantumkan saja sumber referensinya di sini. Cukup mudah untuk diikuti, dijamin🙂 .

Saya melakukan uji coba dengan target “mikro” at89s52.

Catatan untuk at89s2051: Sekalipun aplikasi PROGISP 172 mencantumkan mikrokontroller at89s2051 sebagai komponen uC yang didukung, saya ternyata masih belum dapat melakukan pemrograman dengan USBasp. Kemungkinan penyebabnya antara lain adalah pada tingkat tegangan pada RST atau kecepatan pada SCK. Jika anda menemukan cara/solusinya, sudilah kiranya berbagi dengan meninggalkan pesan🙂


Quick Links:
Firmware usbasp8051 (4 kB)
usbasp-windriver.2011-05-28.zip (70 kB)
PROGISP 168
Skema acuan

Referensi:
USB 8051 (89 series) & AVR Microcontroller Programmer [Ikuti tutorial di situs circuitvalley ini.]
USB 8051/AVR programmer
Programování AT89S2051
USBasp – USB programmer for Atmel AVR controllers
AT89S52 datasheet
http://ikalogic.com/isp.php
– Atmel uC arsitektur 8051 (MCS-51) Flash ISP, overview, parameters
Atmel uC arsitektur AVR, mega 8-bit overview, mega 8-bit parameters
– AVR Microcontrollers Selection Guide

Written by sunupradana

November 13, 2011 at 1:54 am

13 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. […] artikel sebelumnya telah saya kemukakan tentang bagaimana USBasp yang firmware-nya telah diperbaharui dapat […]

  2. […] Untuk artikel saya mengenai USBasp bisa dilihat di sini. […]

  3. Terimakasih atas informasinya, sangat membantui sekali. Saya mau tanya, bisakah usbasp ini digunakan bersama avrstudio & codevision avr? saya ingin memprogram at89s52 dan avr dengan usb asp ini beserta codevision avr dan avr studio. Trimakasih

    edwin

    February 1, 2012 at 12:33 pm

    • Maaf saya lama tidak ngadmin blog ini. Saya belum pernah mencoba. Barangkali keterangannya bisa dicari dengan mesin pencari, contohnya http://goo.gl/E4QHY . Terima kasih juga sudah mampir.

      sunupradana

      February 14, 2012 at 6:47 pm

  4. mas..ne untuk nge download ke MK nya pake program apa ya kalo pake usbasp yg dibuat sendiri ini???

    dashracer

    May 9, 2012 at 10:52 am

  5. mas rx ma tx -nya itu buat apa ya? apa buat kominikasi serial?

    harris

    June 30, 2012 at 5:01 pm

  6. Ya mas, sya juga dah coba upload k at89s2051.gak pernah berhasil.klw ada yg tau tlg share k email saya okman_syah@yahoo.co.id

    Oke_man

    July 8, 2012 at 10:26 am

  7. trimakasi gan ane udah coba udah jadi usb asp buat dowenload ke at89s51

    Bambang Irawan

    December 6, 2013 at 7:05 pm

  8. saya beli miro baru….di tahun 2014…keluarga mcs yaitu AT89S52&C52..saya program menggunakan usbasp dengan software progisp172…tapi “chip enable program error”, ketika saya program mikro AT89S52 yang sudah lama saya beli ternyata bisa di program,,, mohon solusinya,,,
    apakah ada perbedaan dengan mikro yng baru dengan mikro yang lama?
    terimakasih….

    ramadani

    March 16, 2014 at 12:46 pm

  9. mas kalo di linux buat at89s51/52 pake apa ya??

    agum

    February 12, 2016 at 12:54 am


Leave a Reply

