Pikir dan Rasa

cogito ergo sum

Transformerless power supply schematic

with 2 comments

Transformerless PSU atau catu daya tanpa trafo adalah catu daya yang tidak mempergunakan trafo penurun tegangan. Sistem ini tentu saja tidak aman. Jika terjadi hubung pendek atau kontak maka akan berpotensi menimbulkan bahaya yang sangat besar bagi manusia. Umumnya  sistem seperti ini dipergunakan untuk mensuplai daya ke sistem yang hanya menarik arus kecil dan tidak disentuh oleh manusia.

Beberapa tahun yang lalu saya mencoba melakukan reverse engineering pada lampu senter yang dapat di-recharge, buatan sebuah pabrik di China. Dengan semangat tinkering dan dalam rangka mempraktikkan belajar elektronika melalui teardown maka sebulan lalu saya mencoba lagi membongkar sebuah produk China. Kali ini “korbannya” adalah lampu belajar duduk yang menggunakan LED. Hasilnya sama dengan yang saya dapat tahun lalu, keduanya menggunakan transformerless PSU !!!

Berikut adalah skemanya (schematic / diagram):

 

Skema/diagram di atas dibuat dengan mempergunakan software yang gratis, ExpressPCB yang bisa di-download di sini. Aplikasi itu dapat dioperasikan si sistem berbasis Windows (saya coba di XP) maupun di sistem yang menggunakan OS GNU/Linux seperti Ubuntu. File skema yang saya buat dapat diperoleh di sini.

Kalau boleh sedikit lagi berbagi kata, marilah semampunya, sebisanya untuk mempergunakan software legal yang open source, free atau setidaknya gratis. Terutama sekali jika kita belum/tidak mampu membeli software yang berbayar. Meskipun kadang software yang open source malah lebih powerful dari software yang harus dibeli🙂. Hitung-hitung kalau belum bisa menyucikan diri sepenuhnya dari software [yang diperoleh secara] haram, setidaknya sudah ada tanda-tanda mulai insaf🙂 .

note: Kode kapasitor; 824/400V. CBB22 (MKP), Metallized Polyproplyne Film Plastic.

Written by sunupradana

September 7, 2011 at 1:52 pm

Posted in Circuits, Electronics

Tagged with ,

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Selamat pagi mas…
    Mas, mau tanya nih. Tegangan out put yg dihasilkan kapasitor 824/400V. CBB22 (MKP) berapa ya? dan cara menentukannya gimana tu mas?
    Matur sembah nuwun sak derengipun mas…

    Daryanto

    December 31, 2011 at 10:12 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: